Mengapa Memilih Mengikut Tuhan ?

Pertanyaan  ini mungkin muncul  pada sebagian besar orang dan termasuk diri saya secara pribadi. Tidak berhenti untuk terus berusaha mencari tahu alasan apa yang tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut, tidak sedikit pula orang yang mempertanyakan keberadaan Tuhan ditengah – tengah persoalan hidup yang tiada henti, permasalahan ekonomi yang terus meningkat, serta sistem kehidupan manusia yang semakin tidak bermoral.

“Dimanakah keberadaan Tuhan? “

Saya pun secara pribadi sering bertanya – tanya dalam benak ini. Begitu banyak nya persoalan hidup yang datang silih berganti sering membuat saya berpikir “Dimanakah  pemeliharaan Tuhan? ”

Betapa banyak fenomena yang terjadi disekitar kita, menimbulkan banyak pertanyaan bagi sebagian besar orang. Banyak artikel yang mencoba menyampaikan bahwa Allah kita adalah allah yang memelihara setiap umatNya, Allah yang tidak pernah meninggalkan kita sendirian dan Allah yang setia.

Saya pun tidak pernah berhenti untuk mencari tahu melalui artikel – artikel yang ada di media internet dan berbagai buku – buku yang membahas tentang hal tersebut. Sementara suara halus angin bertiup, membuat saya terdiam sejenak merenungkan berbagai hal.

Memang banyak pertanyaan yang muncul ketika diperhadapkan pilihan untuk mengikut Tuhan. Saya pun akhirnya mulai berpikir “mengapa saya mulai meragukan keberadaan Tuhan disaat duka dan kesulitan terjadi? ”  dan “mengapa dengan mudahnya saya melupakan pemeliharaan Tuhan selama ini hanya karena persoalan hidup yang datang menghiasi kehidupan ini?” Kebaikan Tuhan yang telah diberikan kepada saya seakan sirna dengan begitu mudahnya ketika mulai diperhadapkan dengan banyaknya persoalan.

Seringkali dalam mengikut Tuhan, saya pun menyadari bahwa kita lebih memilih dan mencintai hal – hal yang menyenangkan batin kita daripada belajar

menumbuhkan kualitas iman kepercayaan kepada Tuhan. Mengikut Tuhan bukan sekedar hal mengejar apa yang kita inginkan namun belajar untuk mensyukuri karya keselamatan yang Tuhan berikan kepada setiap kita

Meragukan pemeliharaan dan keberadaan Tuhan terjadi hanya karena apa yang ada dalam kehidupan nyata tidak sesuai dengan harapan maupun keinginan kita. Setiap hal yang terjadi disekitar kita bukan suatu kebetulan, melainkan semuanya telah dirancang dengan indah sebelum kita hadir dalam dunia ini.

Tepat pada hari minggu sore, saya menghadiri sebuah ibadah dan seorang pastur menyampaikan kalimat yang sangat menarik, bahwa “kejahatan itu adalah ketika kita tidak mempercayai keberadaan Tuhan.”  Kalimat tersebut membuat  saya cukup terkejut dan membat saya disadarkan kembali bahwa begitu besar Kasih Allah kepada setiap kita yang percaya, karena iman percaya yang ada dalam diri kita hanya ada oleh karena anugrah yang diberikanNya. Tuhan kita, Sang pencipta melampaui setiap akal manusia. Dia yang menciptakan setiap bagian dalam tubuh manusia, merancang kehidupan dengan begitu indah, dan masih kah kita meragukan pemeliharanNya dan keberadaanNya?

Mengikut Tuhan akhirnya menjadi pengalaman yang indah bagi saya secara pribadi, mengikut Tuhan bukanlah suatu perjalanan yang mudah untuk dilewati namun bersama dengan DIA, segalanya akan menjadi lebih mudah untuk dilalui dan pada akhirnya semua bagian hidup kita menjadi lebih indah bersama denganNya.

Kezhia Bianta Sirait

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: