Hidup itu…

Ditengah keramaian yang ada, saya duduk seorang diri di sebuah kafe menikmati secangkir teh  panas dengan sepotong brownies yang masih hangat. Nikmat sekali rasanya…

Beberapa saat kemudian, saya pun mulai memperhatikan ruangan sekitar saya. Terasa ada yang berbeda dengan dekorasi di dalam kafe tersebut, banyak sekali hiasan natal yang mulai dipajang untuk membuat penampilan kafe tersebut menjadi lebih indah.  Wah, rasanya waktu  berlalu begitu cepat dan tanpa terasa kita sudah memasukki bulan akhir di tahun 2012 ini.

Waduh kok rasanya saya belum terlalu rela meninggalkan tahun ini karena tidak siap menerima fakta bahwa saya pun akan menjadi semakin tua dengan bertambahnya usia di tahun yang akan datang.  Bibir ini pun mulai mengukir senyuman kecil ketika memikirkan hal ini.

Hidup ini terasa begitu singkat..

Hidup ini  hanya sementara..

Hidup ini perjuangan yang tidak mudah..

Hidup ini seperti teka – teki..

Hidup ini adalah sebuah misteri..

Memang ada berbagai tanggapan ketika ditanya mengenai kehidupan. Ketika tiba saat giliran untuk saya ditanya mengenai hidup ini, saya pun hanya bisa tersenyum kecil dan berusaha menjawab pertanyaan yang tidak mudah untuk dijawab itu. Sesaat terlontar begitu saja pikiran untuk menjawab pertanyaan tersebut, ya kalau menurut saya…

“Hidup ini tidak sederhana untuk dijalani namun akan menjadi sangat menarik jika kita mampu membuat hidup menjadi lebih sederhana…”

Hidup dalam dunia ini seperti sebuah proses pembentukan karakter, ada kala kita mengalami saat yang menyenangkan namun tidak terlepas dari berbagai persoalan kehidupan. Tidak sedikit orang yang menyerah dengan kesulitan hidup karena merasa tidak mampu bertahan untuk waktu yang lama dalam tekanan hidup yang berat. Hal ini dapat kita lihat dengan angka bunuh diri yang terus meningkat setiap tahunnya dan semakin laris para psikiater dan psikolong karena tinggi nya angka orang yang mengalami depresi.

Tidak dapat dihindari kenyataan bahwa persoalan hidup seringkali membawa kekacauan dalam kehidupan kita. Seringkali pun muncul pikiran untuk mencoba menikmati kekacauan yang ada tanpa berusaha untuk keluar dari zona yang membuat kita semakin tenggelam dalam tekanan hidup, berusaha lari dengan melakukan  hal-hal yang menjerumuskan kita kepada hal yang tidak baik, dan pada akhirnya bersikap pasrah yang membawa kita kepada jurang maut,

Rasanya memang sayang sekali waktu kita yang terbatas di dunia ini jika kita habiskan dengan hal yang sia – sia dan terpuruk dalam kesedihan. Waktu akan selalu berputar dan tak akan pernah menunggu kita. Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasukki tahun yang baru, hidup tidak akan pernah menjadi lebih mudah untuk dijalani namun kita mampu membuatnya lebih sederhana ketika menatap kehidupan dengan cara yang positif dan menganggap persoalan sebagai kesempatan untuk bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.  Masalah akan terus datang dan waktu pun akan terus berjalan. Kesempatan baik akan selalu ada didepan ketika kita  memiliki keinginan untuk terus melangkahkan kaki maju dan meraih hidup yang lebih baik.

Tidak seorang manusia pun yang tahu kapan hidup kita berakhir namun kita bisa mengisi nya dengan hal – hal yang baik dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain sehingga hidup yang singkat ini dapat kita gunakan dengan maksimal.

Warnai hidup dengan senyuman karena hidup ini indah…

Kezhia Bianta Sirait

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: