Can We Pursuit The Happiness?

Sore itu, tiba – tiba saja terlintas dalam sebuah pertanyaan dalam pikiran saya..

“Apakah itu bahagia?”

Begitu besar rasa penasaran pada saat itu, akhirnya saya pun segera membuka internet untuk membaca beberapa sumber yang terdapat didalamnya dan terus mencoba membuka kembali artikel – artikel terkait yang saya miliki.

Dalam sebuah buku,  kata bahagia didefinisikan sebagai suatu keadaan atau perasaan senang dan tenteram, bebas dari segala hal yang menyusahkan.

Ada juga sebuah sumber yang mengatakan bahwa bahagia adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan.

Namun, ketika saya mulai bertanya kepada beberapa teman dan kerabat mengenai pendapat mereka tentang definisi kata bahagia, setiap mereka memiliki pandangan dan pemahaman yang berbeda mengenai kata bahagia tersebut.

Banyak orang berpikir bahwa kebahagiaan bisa didapatkan jika memiliki uang yang banyak dan melimpah karena dengan uang tersebut mereka mampu mendapatkan semua yang diinginkan dan pada akhirnya membawa mereka kepada alam kebahagiaan tersebut.

Sebagian orang lainnya memiliki pemahaman yang berbeda dan ukuran yang berbeda untuk mendapatkan kebahagiaan itu, ada yang berkata bahagia adalah ketika diberi kesempatan untuk dekat dengan orang-orang yang dicintai dan mampu saling mencitai.

Melihat berbagai perbedaan ini, saya pun kembali berpikir pertanyaan – pertanyaan lainnya didalam benak ini..

Berpikir dimanakah kebahagiaan itu?

Bagaimanakah saya mendapatkan kebahagiaan?

Apakah kita harus mengejar kebahagiaan itu?

Sudahkah saya merasakan kebahagiaan?

Hmmmm.. saya pun mulai terdiam dan sejenak mulai masuk dalam dunia imajinasi yang saya miliki. Sedetik, semenit, sejam dan beberapa waktu kemudian, akhirnya saya pun mulai memiliki pendapat secara pribadi untuk menjawab berbagai pertanyaan yang muncul dalam benak saya..

Apabila kebahagiaan itu hanya terletak ditempat tertentu, betapa terbatas nya kebahagiaan kita.

Apabila memang kebahagiaan itu harus kita kejar, betapa sulitnya hidup kita.

Apabila kebahagiaan diukur dengan materi, betapa ironisnya hidup ini.

Kebahagiaan tidak perlu dikejar, kebahagiaan tidak perlu dicari, kebahagian tidak tersembunyi karena kebahagiaan ada didepan mata kita.

Bahagia adalah ketika kita mampu mensyukuri segala sesuatu yang ada didepan mata kita, mensyukuri segala sesuatu yang telah Tuhan berikan kepada setiap kita, Bersyukur karena kita masih diberikan nafas kehidupan dan kesempatan menikmati dan mengerti apa arti hidup yang sesungguhnya.

Setiap orang memang memiliki ukuran masing – masing dalam menilai arti bahagia namun sebenarnya jika kita ingin melihat kembali dasar dari kebahagiaan kita adalah bagaimana hati kita mampu untuk belajar menikmati setiap hal yang terjadi dalam hidup ini. Suka maupun duka adalah suatu hal yang indah jika kita melihatnya sebagai warna warni kehidupan yang mampu untuk dinikmati.

Bahagia adalah berapa besar kita mampu bersyukur dalam hidup ini…

Kita semua diberi kesempatan yang sama untuk merasakan kebahagiaan itu, marilah kita bersama-sama hidup bahagia karena kebahagiaan telah menanti kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: