Apa Makna Dari Peringatan Ulang Tahun Mu ?

Hari pertama tiba di Dubai, peringatan ulang tahun pertama di negara orang lain dan jauh dari kerabat dekat, dan tiba saatnya untuk menulis halaman pertama kisah petualangan saya dalam perjalanan di negara bagian Timur  Tengah ini.

Saat itu tepat pukul 11.30 PM waktu Dubai setempat, kami pun tiba di Bandara Internasional Dubai. Perasaan senang, lelah, dan rasa kantuk pun bercampur aduk hingga tak sabar untuk segera keluar dari pintu pesawat. Tak lama kemudian saya akhirnya berdiri dekat dengan pintu pesawat bersiap untuk segera meninggalkan kabin tersebut dan wah angin dari luar pun berhembus kencang menghampiri saya. Panas dan lembab sekali rasanya, ternyata imajinasi tentang cuaca  yang menyenangkan dalam pikiran saya  hanya mimpi belaka. Bulan ini ternyata adalah musim panas di negara Dubai  dan rasanya lebih panas dibandingkan dengan kota Jakarta dimana saya tinggal dan menjalani kehidupan.

Setibanya masuk ke dalam bandara, dinginnya air conditioner seakan menusuk bagian-bagian tubuh saya.. Lucu sekali rasanya merasakan perbedaan cuaca yang sangat drastis tersebut. Saya pun berpikir selintas bahwa ini akan menjadi perjalanan dan petualangan baru yang menyenangkan. Melihat kebudayaan baru, kebiasaan orang setempat dan belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Tidak terasa ternyata waktu telah menunjuk jam 12 tepat dimana hari pun telah berganti menjadi hari senin tanggal 13 Agustus 2012. Yaa, inilah hari ulang tahun saya…

Tahun ini sama saja rasanya seperti tahun – tahun sebelumnya, saya selalu menganggap tidak ada hal yang terlalu istimewa dalam perayaan ulang tahun namun tentu saja setiap tahun saya merasa adanya makna tersendiri dalam menyambut tahun terbaru dalam kehidupan saya secara pribadi.

No special celebration, Not really a special moment but  there is always something new..

Peringatan ulang tahun dan bertambahnya umur adalah saat yang tepat bagi saya untuk melakukan instropeksi terhadap diri sendiri, melihat kembali kehidupan sebelumnya dan merencanakan kehidupan selanjutnya.

Sudahkah saya menjadi pribadi yang maksimal di usia sebelumnya dan bagaimana untuk menjadi pribadi yang lebih baik menjelang usia berikutnya?

Tentu saya pun merasa sangat bersyukur karena masih diberikan kesempatan diberikan usia 1 tahun lagi untuk menikmati dan menjalani kehidupan dalam dunia ini, bersyukur karena masih diberikan nafas dan waktu untuk mengukir karya kehidupan di dalam dunia.

Sambil menunggu jadwal keberangkatan selanjutnya menuju Jordan, saya pun menghabiskan waktu dengan berkeliling bandara, melihat hiruk pikuk dan banyak nya orang dari berbagai negara yang transit di bandara tersebut, memperhatikan kebiasaan orang –  orang asing menghabiskan waktu mereka dengan macam – macam kegiatan. Hampir 5 jam berkeliling akhirnya kaki – kaki ini mulai terasa lelah. Segera saya mencari tempat duduk yang nyaman  untuk beristirahat sejenak dan inilah saat kesukaan saya, duduk di sebuah kursi dalam ruangan tunggu sambil menikmati keheningan malam hari dan mulai untuk menulis dalam buku yang selalu saya bawa di dalam tas.

Sejenak saya merenung dan  berimajinasi tentang masa depan dengan dunia khayalan saya. Saya pun menggunakan waktu hening tersebut untuk berdoa mengucap syukur dengan bertambahnya usia dan wow rasanya luar biasa sekali, seakan diliputi perasaan yang damai serta bahagia ditengah kesendirian saya pada saat itu.

Banyak orang mengatakan bahwa segala sesuatu terjadi dengan alasan tertentu dan saya percaya tidak ada yang kebetulan dalam hidup ini. Percaya bahwa Tuhan telah merancang setiap detail kehidupan yang terbaik bagi saya dan kamu. Saya hanya merasa sangat bersyukur untuk kemarin, sekarang dan selamanya karena memiliki Tuhan yang luar biasa dalam hidup ini.

Awalnya, saya pun tidak terlalu yakin alasan Tuhan membawa saya begitu jauh dari kerabat dekat menjelang hari ulang tahun ini. Namun, ternyata semua itu membawa saya pada satu titik pemikiran yang menjadi peringatan ulang tahun paling istimewa dan unik. Kebersamaan dengan Tuhan lah yang menjadi sukacita penuh dan bukan tergantung pada seberapa mewah dan spektakuler hadiah serta perayaan ulang tahun tersebut. Hadiah yang bersifat material hanya mampu memberikan kebahagiaan yang sementara namun kedewasaan dan kebijaksanaan yang terus diperbaharui dalam menjalani kehidupan adalah hadiah yang tidak ternilai harga nya yang diberikan oleh Tuhan.

Memaknai pertambahan usia dengan menikmati apa yang ada, menjalani kehidupan dengan rasa syukur , dan siap untuk dibentuk menjadi seorang pribadi yang seutuhnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: