Hidup Menikmati Setiap Beban Yang Ada

“Adakah hidup yang tanpa beban dan kesulitan?”

hmmm..pertanyaan ini tiba-tiba terlintas kembali dalam benak saya.  Menjalani berbagai persoalan dan kesulitan hidup yang menjadi beban yang begitu berat untuk dipikul, memang telah  memberikan pembelajaran yang berharga buat saya secara pribadi. Membuat saya mengerti dan belajar menerima kenyataan bahwa tidak ada hidup yang bebas dari kesulitan, tiada hidup yang lepas dari persoalan, pada akhirnya selama kita masih tinggal dalam dunia ini makan kita pun harus memikul beban berat yang ada dalam dunia ini.Satu hal yang dapat kita miliki dan lakukan adalah menjalani setiap kesulitan dan membawa beban kehidupan yang berat tersebut dengan penuh rasa syukur serta belajar menikmati setiap situasi yang tidak pernah dapat kita duga sebelumnya.

Jika ditanya, “apakah mungkin dengan mudahnya kita menikmati beban dan kesulitan yang ada?”

Tentu, saya akan menjawab bahwa hal tersebut tidak mudah namun bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Berusaha melawan keinginan diri yang hanya ingin berada dalam “comfort zone”.

Mari kita mencoba untuk memberanikan diri melangkah keluar dari “comfort zone” yang telah kita miliki sebelumnya, melihat hal-hal lain yang belum pernah kita ketahui sebelumnya.

Hidup tidak selalu seperti yang kita inginkan. Hidup ini adalah misteri yang harus kita lewati.

Setiap beban dan kesulitan yang dipercayakan dalam hidup kita membentuk karakter pribadi kita menjadi tangguh dan tidak hanya menjadi pribadi yang lemah dan mengasihani diri.

Life is a process…

Sama halnya dengan pertumbuhan seorang bayi mungil yang tidak berdaya yang kemudian bertumbuh menjadi balita, anak, remaja, dan sampai pada akhirnya menjadi pribadi dewasa yang bisa melakukan banyak hal dengan kapasitas yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

Ketika kita dipercayakan untuk melewati setiap perkara kecil maka setiap perkara besar yang terjadi pun dalam hidup ini membuktikan bahwa Tuhan sedang memperbesar kapasitas kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Setiap beban yang kita alami akan membawa berkat ketika kita mampu merespon dan menunjukkan performa yang terbaik saat menghadapi kesulitan tersebut.

Tiada kesulitan tanpa rencana Tuhan, tiada kesulitan tanpa beban, tiada kesuksesan tanpa perjuangan menghadapi kesulitan, dan tidak ada mutiara yang indah ketika belum melalui setiap proses pembentukkan yang sulit.

Tuhan sedang merenda dan berkarya dalam setiap kehidupan kita.

Pada akhirnya, kita akan menikmati setiap beban, setiap masa-masa sulit dan persoalan yang berat sekalipun ketika kita mampu belajar dan berusaha untuk menikmatinya.

Setiap usaha yang kita lakukan tentu tidak akan pernah menghasilkan hal yang sia-sia, waktu akan menjawab segalanya.

1 Comment (+add yours?)

  1. kezhiabsirait
    Feb 20, 2012 @ 04:01:02

    Reblogged this on kezhiabsirait.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: