Mencari Pasangan Yang Tidak Sempurna

Seringkali dalam dunia ini, kita ingin mencari dan mendapatkan seorang pasangan yang sempurna, seseorang yang memiliki wajah rupawan atau cantik jelita, baik hati, penampilan yang menarik, pintar berinteraksi dengan orang lain, punya banyak teman, memiliki keahlian dalam bidang olahraga tertentu, mampu untuk memainkan alat musik, punya wawasan yang luas dalam segala bidang, menjadi seorang panutan bagi banyak orang, setia, sukses dalam bidangnya, bertanggungjawab, mempunyai bentuk tubuh yang proporsional, dan berbagai bentuk kesempurnaan lainnya.

Sebagian besar orang tentu menginginkan pasangan dengan kriteria-kriteria seperti yang telah dijelaskan diatas atau mungkin ada yang menginginkan seseorang yang lebih baik lagi dari kriteria tersebut.

Rasa-rasanya hidup akan menjadi begitu sempurna jika bisa menemukan pasangan dengan karakter seperti itu. Namun, apakah masih ada seorang manusia dengan tipe seperti itu? Dalam benakku hanya terlintas jawaban singkat, “tentu masih ada ,namun langka sekali dan sulit menemukannya”.

Kata “sulit” tentu bukan berarti “tidak mungkin” untuk menemukan pasangan yang memiliki karakter hampir sempurna  itu.  Kita tentu menginginkan pasangan yang terbaik dalam hidup ini, pasangan yang sepadan, dan pasangan yang luar biasa menghargai kehadiran kita dalam hidupnya. Hal ini tentunya menjadi harapan bagi banyak orang yang ada di belahan dunia manapun.

Namun, pernahkah kita berpikir dan sadari bahwa ketika kita menginginkan pria atau wanita dengan kriteria tertentu,secara tidak langsung telah “menuntut” seseorang untuk memenuhi keinginan dan khayalan kita semata untuk mendapatkan pasangan yang dapat dianggap sempurna menurut ukuran masing-masing. Sehingga, pada saat menemukan salah satu karakter yang tidak kita sukai, lantas kita menjadi kecewa dan marah.Cenderung memiliki keinginan untuk mencapai yang kita impikan tanpa mau untuk menerima kekurangannya serta resiko yang seharusnya ditanggung.

Sebelum mengharapkan sesuatu yang lebih, alangkah baiknya jika kita menilai diri masing-masing terlebih dahulu.Berkaca terhadap diri sendiri dan bertanya  kepada hati nurani, apakah sesungguhnya kita sendiri sudah berhasil untuk memenuhi kriteria pasangan yang telah kita tentukan itu?Jadi, bukan hanya menuntut orang lain untuk mewujudkan apa yang kita impikan melainkan kita mau berusaha mewujudkannya pada diri sendiri terlebih dahulu.

Salah satu contoh ilustrasi, ketika kita mengharapkan untuk mendapatkan pasangan yang pintar, tentunya kita pun harus memiliki wawasan yang baik, tidak pernah berhenti berusaha mencari tahu lebih banyak informasi, serta berusaha untuk terus menambah pengetahuan sebagai bekal untuk diri sendiri. Sehingga kelak akan menjadi pasangan yang seimbang dan sepadan.

 Pada akhirnya, segala kriteria pasangan yang kita harapkan dapat dijadikan sebagai motivasi setiap kehidupan kita untuk  terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Tidak hanya menuntut orang lain lebih banyak, namun mencoba berusaha menuntut diri sendiri terlebih dahulu sehingga segala sesuatunya akan menjadi lebih indah. Jangan terlalu berharap banyak kepada manusia, karena manusia pun bisa terjatuh dan melakukan kesalahan. Sampai kapan pun, tidak akan pernah ada manusia yang sempurna melainkan kita hanya bisa menemukan manusia yang ingin belajar dan berusaha menjadi sempurna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: