Sudahkah Anda Menjadi Orang Yang Berhasil?

Arti definisi keberhasilan bagi setiap orang tentu berbeda, ada yang mengukurnya dari materi, kedudukan, status, penghargaan dari orang lain, serta alasan lainnya yang tidak dapat disebutkan semuanya disini.

Bagi saya secara pribadi, keberhasilan terletak  pada kemampuan kita untuk menguasai, mengenal, dan memimpin diri sendiri. Pengendalian diri tentu akan membawa kita kepada hal-hal positif  lainnya yang menuntun  kepada titik keberhasilan itu.Ketika kita berhasil memimpin diri sendiri, tentu akan membantu kita menjadi pemimpin yang baik bagi orang lain.

Proses untuk mencapai keberhasilan tersebut tentu bukan hal mudah. Sebuah proses tidak pernah ada yang sebentar dan mudah, jika ingin mencapai keberhasilan maka kita pun harus berani untuk membayar harga dengan mengambil setiap resiko yang ada.

Semalam, seseorang berkata kepada saya melalui kelas pelatihan ditempat kerja mengenai usaha dalam mencapai keberhasilan, bahwa  “segala usaha yang instant maka akan membuahkan hasil yang instant“. Sebuah proses tentu akan memakan waktu yang tidak sebentar dan mudah untuk dilewati, terus belajar untuk menikmati setiap proses yang ada sehingga membentuk karakter kita menjadi lebih baik. Saya percaya bahwa karakter yang baik adalah modal utama bagi seseorang yang sukses.

Faktor lainnya yang seringkali membuat kita tersendat dalam usaha menjadi orang sukses karena perasaan terintimidasi dengan apa yang orang lain miliki. Saya pun juga pernah mengalami hal tersebut namun saya tidak ingin terlalu lama tenggelam dalam jurang yang membuat keadaan semakin memburuk. Kembali berpikir, tentunya orang-orang yang sudah sukses dan berhasil telah terlebih dahulu melewati proses yang tidak mudah itu. Namun, kita hanya melihatnya ketika mereka menjadi seorang yang sukses dan melupakan perjalanan panjang mereka yang telah membentuk dan membawa mereka dalam keberhasilan tersebut.

Belajar untuk tidak membandingkan diri  dengan apa yang dimiliki oleh orang lain, melainkan membandingkan diri kita dengan apa yang sudah orang lain kerjakan dan belum kita kerjakan. Maka, semua itu akan terus mendorong kita untuk menghasilkan dan meninggalkan karya -karya yang luar biasa sebelum kita meninggalkan dunia ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: