RODA KEHIDUPAN

Tak pernah mudah untuk menjalani hidup. Kesulitan dan persoalan datang silih berganti seakan tidak pernah berhenti. Rasanya persoalan yang kemarin belum selesai, eh sudah datang lagi persoalan yang lain.

Ya..itulah kenyataan yang harus kita hadapi.

Terkadang saya mulai berpikir betapa lelahnya menjalani roda kehidupan ini yang seakan terus berputar kearah yang sama, dan seringkali membuat saya terjebak dalam keputusasaan, menyerah dengan keadaan dan seperti tidak ada jalan keluar.

Saya pun kembali merenungkan, apakah makna dari sebuah kehidupan?

Hidup adalah tentang pilihan!!

Kesulitan dan pergumulan hidup tidak akan pernah hilang dari dunia ini. Saya menyadari bahwa hidup tidak akan pernah lepas dari perjuangan untuk menyelesaikan setiap persoalan dan masalah. Akhirnya semua kembali kepada diri sendiri, bagaimana memaknai hidup yang ada dengan menentukan pilihan kemana kita akan melangkahkan jejak kehidupan ini.

Menyerah dengan keadaan  atau terus bertahan menikmati proses kehidupan dan berjuang hingga berhasil muncul sebagai pemenang di akhir perjalanan hidup kita?

Saya berusaha untuk melewati setiap kesulitan hidup dengan senyuman karena percaya bahwa saya mampu melaluinya dengan pertolongan Tuhan, menanggapi hal hal yang tidak baik atau negatif dengan cara pandang yang positif dan tidak terjebak dalam tekanan–tekanan yang seringkali menghampiri hari–hari kita. Belajar untuk tidak terjebak dengan cara pandang dunia yang seringkali terlalu membesar-besarkan masalah. Kalau memang bisa diperkecil dampak persoalan itu, lantas untuk apa jadi diperbesar? Tetapi itulah yang sering terjadi dalam dunia ini…

Tentu menjadi menarik ketika kita mampu mencari solusi dengan tidak melibatkan tingkat emosi yang tinggi melainkan dengan penuh bijaksana dan belajar memperbaiki kesalahan yang ada.

Satu hal yang terus ada dalam benak saya, tidak  ingin menengok kembali ke  belakang ketika menjalani kehidupan ini, melainkan terus memandang jauh ke depan dan terus mengayunkan langkah untuk maju dan menjadi pribadi yang lebih baik. Masa lalu biarlah menjadi bagian dalam proses tersebut dan jangan dijadikan sebagai acuan.

Perjalanan  masih panjang, saya ingin menciptakan roda kehidupan yang indah dengan tidak terjebak dengan persoalan hidup yang ada. Membuat setiap putaran roda kehidupan tersebut menjadi sebuah proses pertumbuhan. Sama halnya, untuk mendapatkan sebuah pisau yang tajam maka kita harus mengasahnya setiap hari bahkan setiap saat. Begitu pula dengan kehidupan kita, untuk menjadi pemenang yang kuat, tangguh, dan tak terkalahkan maka kita harus berani diasah melalui setiap tantangan, rintangan, kesulitan serta persoalan hidup yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: