Hidup Bahagia Bukan Sekedar Tujuan Akhir

Malam ini, saya menerima  sebuah cuplikan kalimat menarik  melalui pesan dari telepon genggam yang mengatakan..

“Kebahagiaan bukan tujuan dari kehidupan ini melainkan cara untuk menjalani kehidupan..”

Saya pun segera tersenyum kecil penuh rasa menggelitik ketika membaca pesan tersebut, pesan singkat itu telah membuka pandangan saya dalam menanggapi hidup ini. Seringkali kita berusaha keras untuk mampu menggapai kebahagian yang dianggap sebagai tujuan akhir yang tidak dapat kita ketahui  letak ujung akhir kehidupan tersebut. Kapan dan dimanakah kita akan meraih tujuan akhir itu?saya pun tidak tahu…

Tidak ada seorang manusia pun yang mengetahui akhir dari nafas terakhirnya dalam dunia ini. Maka pesan singkat ini sungguh memiliki makna yang dalam untuk membuka mata saya sebagai manusia yang masih bernafas dan masih diberi kesempatan menikmati dunia yang indah ini, untuk menjalani kesempatan hidup yang ada dengan penuh rasa bahagia.

Akhirnya saya berpikir bahwa kebahagiaan itu bisa kita dapatkan setiap saat jika mampu bersyukur dan menikmati apa yang ada didepan kita. Sehingga saya tidak perlu lagi mengejar kebahagaiaan tersebut karena mampu saya dapatkan jika memandang kehidupan ini dengan sudut pandang yang positif.

Harus diakui bahwa saya pun seringkali terjebak dalam situasi dimana hanya berusaha menciptakan  keadaan yang bahagia sebagai tujuan akhir, berusaha keras untuk mencapai hal-hal tertentu yang dapat dinilai lebih baik  sampai melupakan bahwa saya telah menyia-nyiakan kesempatan untuk hidup bahagia pada saat itu.

Leave a Reply

