Berubah, Mengubah Sampai Pada Akhirnya Terjadi Perubahan…

suatu PERUBAHAN, seperti yang kita semua ketahui seringkali membuat kita merasa tidak nyaman karena harus memulai kembali beradaptasi dengan situasi serta kondisi yang baru.

Beberapa bulan terakhir ini, banyak sekali perubahan yang terjadi dalam kehidupanku. Baik itu perubahan lingkungan tempat tinggal, komunitas yang baru, kebudayaan dan cara hidup yang berbeda, lingkungan tempat kerja dan cara bekerja yang sangat bertolak belakang dengan kehidupaku sebelumnya.

“Tidak mudah, tidak nyaman dan sangat sulit menyesuaikan dengan perubahan tersebut” itulah yang menjadi kesan dalam benak ku ini.

Namun ketika aku mencoba merenungkan kembali tentang kehidupan manusia, tentunya dalam perjalanan kita akan selalu terjadi perubahan demi perubahan yang tak terduga dan menjadi batu kerikil dalam kehidupan ini. Bahkan lewat perubahan yang seringkali membuat kita tidak nyaman itu, kita akan dibawa ke tempat yang lebih baik dan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik pula. Tetapi terkadang kenyataan yang terjadi bisa pula sebaliknya, jika kita memandang sebuah “perubahan” dengan sudut pandang yang negatif.

Hidup ini adalah mengenai pilihan….

                              ” To adjust how you live daily or to stay the same?”

Mengingat soal pilihan tersebut, melihat kehidupan yang ada di sekitarku, aku pun akhirnya memberanikan diri untuk memilih melewati segala proses kehidupan termasuk perubahan yang tak terduga yang datang silih berganti.

Awal dari segala perubahan tentu terasa begitu tidak menyenangkan dan sangat sulit untuk dihadapi. Sebagian besar dari kita termasuk aku cenderung menghadapinya dengan keluh kesah yang tak kunjung berhenti dan akhirnya kita menjadi lelah dan tidak pernah berhasil melewati proses tersebut.

Namun aku sadar, aku tidak ingin hanya menjadi pecundang yang kalah dalam pertandingan kehidupan di dunia ini.

Aku selalu percaya tidak ada kata “mustahil atau tidak mungkin” jika kita mengandalkan kekuatan Tuhan, Pencipta manusia dan tidak hanya mengandalkan kekuatan diri kita sendiri.

Pada saat kita berhasil menyesuaikan diri dengan situasi atau kondisi yang baru tersebut, kita akan muncul sebagai pribadi yang tangguh dan dapat memperluas sudut pandang kita dalam menatap kehidupan ini. Tersenyum lebar mensyukuri setiap perubahan yang terjadi karena telah membuat hidup lebih berwarna.

Jangan pernah takut untuk menghadapi perubahan dalam hidup…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: